Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat Pagi kawan-kawan. Sudah lama saya tidak menulis artikel lagi, dan sekarang saya akan mencoba untuk mempostingkan artikel mengenai analisa dan cara penyelesaian dari game logika "Family Crisis".
1.
Pengenalan
Game
Game ini berisi sebuah
keluarga yang berada pada suatu tebing yang tinggi dan berusaha pergi ke tebing
seberang dengan melalui sebuah batang kayu besar, yang masing-masing memiliki
waktu tempuh yang berbeda.
2.
Role
of Play
Peraturannya
adalah masing-masing karakter dalam satu keluarga tersebut memiliki ketentuan
waktu tempuh untuk menyeberang yang berbeda, dan setiap satu kali perjalanan
maka waktu yang ditentukan dikurangi oleh karakter tersebut, jika waktu tempuh
yang dilewati lebih dari 30 detik, maka karakter yang terakhir menyeberang
tersebut akan jatuh ke sungai. Waktu tempuh nya terdiri dari 1, 3, 6, 8 dan 12
detik.
3.
Tujuan
(Goal)
Tujuan (goal) yang
ingin dicapai adalah seluruh karakter dalam satu keluarga tersebut berhasil
menyeberangi tebing tersebut dengan jarak tempuh waktu tidak lebih dari 30
detik.
4.
Analisis
Algoritma
4.1 Pencarian Buta
4.1.a. DFS (Depth First Search)
Depth-first search
(DFS) melakukan pencarian secara preorder. Mengunjungi anak suatu simpul
sebelum simpul tetangganya.
4.1.b. BFS (Breadth First Search)
Breadth-first
search adalah algoritma yang melakukan pencarian secara melebar yang
mengunjungi simpul secara preorder yaitu mengunjungi suatu simpul kemudian
mengunjungi semua simpul yang bertetangga dengan simpul tersebut terlebih
dahulu. Selanjutnya, simpul yang belum dikunjungi dan bertetangga dengan
simpul-simpul yang tadi dikunjungi , demikian seterusnya.
4.2
Pencarian
Heuristic
4.2.a. Pembangkitan dan Pengujian (Generate And
Test)
Metode ini merupakan penggabungan
antara depth-first search dengan pelacakan mundur (backtracking), yaitu
bergerak kebelakang menuju pada suatu keadaan awal.
4.2.b. Pendakian Bukit (Hill Climbing)
Metode
ini hampir sama dengan metode pembangkitan dan pengujian, hanya saja proses
pengujian dilakukan dengan menggunakan fungsi heuristic. Pembangkitan keadaan
berikutnya tergantung pada feedback dari prosedur pengetesan.
4.2.c. Pencarian Terbaik Pertama (Best-First
Search)
Metode
ini merupakan kombinasi dari metode depthfirst search dan breadth-first search.
Pada metode best-first search, pencarian diperbolehkan mengunjungi node yang
ada di level yang lebih rendah, jika ternyata node pada level yang lebih tinggi
ternyata memiliki nilai heuristic yang lebih buruk.
5.
Memilih
Penyelesaian Terbaik
Pada studi kasus yang telah dilakukan
ini, telah didapatkan satu teknik penyelesaian masalah yang tepat, terkait dari
permainan Plastelina (Cross The Bridge Puzzle). Teknik yang telah dipilih
sebagai teknik penyelesaian masalah yang tepat adalah DFS (Depth First Search)
pada Pencarian Buta. Alasannya, Karena cara kerja pada permainan Plastelina
(Cross The Bridge Puzzle) ini adalah secara mendalam, yaitu sebuah total waktu
30 detik, akan terus dikurangi oleh waktu yang dimiliki pada setiap karakter.
Maka dari itu waktu itu akan dikurangi terus menerus hingga habis dan seluruh
karakter berhasil mencapai tujuannya.
6.
Algoritma
Penyelesaian
1.) Sebrangkan
yang 1 detik dan 3 detik ke sisi kanan. (Waktu yang tersisa = 27 detik)
2.) Gunakan
yang 1 detik untuk kembali ke sisi kanan. (waktu yang tersisa = 26 detik)
3.) Sebrangkan
yang 1 detik dan 6 detik ke sisi kiri. (Waktu yang tersisa = 20 detik)
4.) Gunakan
yang 1 detik untuk kembali ke sisi kanan. (Waktu yang tersisa = 19 detik)
5.) Sebrangkan yang 8 detik
dan 12 detik ke sisi kiri. (Waktu yang tersisa = 7 detik)
6.) Gunakan yang 3 detik
untuk kembali ke sisi kanan. (waktu yang tersisa = 4 detik)
7.) Terakhir sebrangkan yang
1 detik dan 3 detik ke sisi kiri. (Waktu yang tersisa = 1 detik.
7.
Kesimpulan
Pada kasus pemecahan masalah dalam
game logic ini memang sangat memerlukan yang namanya sebuah pola berfikir
logika, dimana sebenarnya sebuah teknik dalam permainan sudah disusun
berdasarkan pelacakan masalah yang sudah ditemukan sejak dulu. Dari pelacakan
masalah tersebut disusun dan dirangkai sesulit mungkin untuk membuat suatu
permainan seperti permainan Plastelina (Family Crisis) ini.
Jangan lupa
kunjungi website Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UBP Karawang dengan mengklik
link dibawah ini :
http://ftik.ubpkarawang.ac.id/
http://ftik.ubpkarawang.ac.id/
Di website
tersebut, terdapat informasi lengkap tentang Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UBP Karawang.
Mohon maaf, jika
ada kata-kata yang kurang berkenan.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sumber :
Ilmu Barokah: Analisis Game Logika - Family Crisis >>>>> Download Now
BalasHapus>>>>> Download Full
Ilmu Barokah: Analisis Game Logika - Family Crisis >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Ilmu Barokah: Analisis Game Logika - Family Crisis >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK cm